Sunday 8 March 2015

Menurunkan Berat Badan dengan Mudah dan Murah

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Mudah dan Murah 

Bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih, menemukan cara menurunkan berat badan dengan mudah tentu melegakan. Anda tak perlu lagi pusing dan putus asa karena masalah berat badan. Sebelum anda membaca lebih lanjut tentang beberapa diet yang akan disampaikan di sini, Anda perlu tahu penyebab-penyebab kegemukan atau obesitas. Obesitas umumnya disebabkan karena kelebihan lemak yang terakumulasi di tubuh. Lemak berlebih ini biasanya diawali dengan konsumsi makanan berkalori tinggi, mengandung banyak garam, berporsi besar, atau konsumsi makanan cepat saji.
Penyebab obesitas seperti yang disebutkan di atas tentu harus segera dikurangi dan dihindari. Mengetahu penyebab obesitas tentu membuat Anda mampu menurunkan berat badan dengan mudah. Metode mudah dan cepat tentu saja dengan mengatur pola makan atau diet. Anda perlu tahu metode-metode diet yang baik. Ada banyak cara metode diet yang bisa Anda terapkan. Namun tak semuanya baik. Jadi harus selektif untuk memilih diet yang sesuai dengan Anda. Jika perlu,konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Metode Diet untuk Menurunkan Berat Badan dengan Mudah dan Murah
Cara menurunkan berat badan dengan mudah dan murah serta baik dan aman dapat dilakukan dengan metode diet berikut:

1. Food combining. Prinsip pada food combining adalah makan dengan porsi dan kombinasi yang tepat dan tidak boleh lapar. Makan ‘besar’ Anda hanya boleh dilakukan saat makan siang dan makan malam. Saat sarapan dianjurkan untuk makan buah yang cukup. Prinsip menu makan siang/malam: tidak boleh menggabungkan protein hewani dengan karbohidrat/pati dalam satu porsi. Misal: daging ayam tidak boleh dikonsumsi bersama kentang/nasi/jagung. Protein nabati seperti tahu dan tempe boleh dikonsumsi bersama karbohidrat/pati. Protein hewani/karbohidart dikonsumsi bersama sejumlah besar sayuran.

2. Diet Mayo. Diet mayo adalah diet rendah garam dan gula. Diet ini hanya boleh dilakukan dalam waktu 2 minggu dalam 1 bulan. Dalam 1 tahun Anda hanya diperkenankan melakukan diet mayo maksimal 2 kali (setiap 6 bulan sekali). Menu diet mayo biasanya berupa kentang rebus, telur lebur, daging ayam/sapi rebus/kukus, sayuran dan buah. Saat sarapan pagi, Anda diperbolehkan mengkonsumsi segelas teh dengan 1 sendok gula pasir (maksimal) dan roti tawar (1 lembar). Saat makan siang/ malam, menu seporsi makanan tak boleh mengandung garam, gula, santan dan pedas sama sekali.

3. Diet Tanpa Nasi Putih. Nasi putih ternyata bisa menyebabkan obesitas pada orang-orang tertentu. Nasi putih mengandung karbohidrat tinggi yang akan disimpan dalam bentuk glukosa. Glukosa berlebih akan disimpan di hati, otot dan jaringan lemak. Jika aktivitas fisik Anda rendah glukosa tidak ‘terbakar’ dan menumpuk di jaringan lemak. Anda bisa mengganti nasi putih dengan nasi coklat (brown rice), nasi merah, kentang atau sagu untuk menurunkan berat badan dengan mudah.
Metode diet di atas ampuh dan praktis untuk  menurunkan berat badan dengan mudah dan murah. Anda bisa menerapkannya mulai sekarang. Pilih menu diet yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan Anda konsisten untuk menjalankannya. Karena akan selalu banyak godaan saat kita melakukan diet.

Menjaga Berat Badan setelah Menurunkan Berat Badan dengan Mudah
Setelah Anda melakukan diet yang tepat, tentu saja Anda harus menjaga berat bedan ideal yang telah didapatkan. Langkah-langkah yang perlu dilakukan tentu saja memelihara pola makan. Mengurangi porsi makan, konsumsi kalori tinggi serta makanan-minuman cepat saji adalah langkah tepat untuk menjaga berat badan ideal Anda. Cara lain yang juga penting adalah dengan berolahraga. Lakukan olahraga seperti joging, senam, atau renang, minimal 3 kali dalam seminggu. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah atau pergi ke pusat kebugaran. Jalan kaki setiap hari selama 20-30 menit juga bisa menjadi alternatif olahraga yang baik. Meditasi seperti yoga juga bisa Anda lakukan untuk menjaga berat badan Anda setelah diet untuk menurunkan berat badan dengan mudah melalui metode yang telah disampaikan di atas.

original sourc: anggurberry.com

No comments:

Post a Comment